Pengikut

Kamis, 23 Juni 2011

Alat-Alat Bantu Supervisi Pendidikan



Agar kegiatan supervisi pendidikan berjalan dengan lancar, seorang supervesior dapat menggunakan alat bantu. Alat-alat bantu itu di pergunakan dengan maksud untuk memungkinkan pertumbuhan kecakapan dan perkembangan penguasaan pengetahuan oelh guru/orang yang di supervisi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu pendidikan pada khususnya.

Alat-alat bantu supervise antara lain :

1. Perpustakaan Professional dan Perpustakaan Sekolah
Superveisor harus mendorong agar di lingkungan lembaga pendidikan/sekolah di selenggarakan perpustakaan. Buku-buku dan koleksi lain harus up to date dalam arti mengikuti perkembangan yang terjadi di masyarakat. Di samping itu bahan-bahan lama harus di pertahankan dan di jaga dengan baik, karena sewakt-wktu akan sangat bergna. Dengan kata lain perpustakaan harus terus di kembangkan tidak saja dengan menghimpun buku-buku akan tetapi juga koleksi lain sepeti : Koran, majalah-majalah, brosur, bulletin dan lain-lain khususnya yang berhubungan dengan perkembangn pendidikan.
Supervaisor jug harus berusaha memberikan motivasi kepada guru-guru agar selalu berminat untuk membaca di perpustakaan guna perkembangan keterampilan dan pengetahuannya.
2. Buku Kurikulum /Rencana Pelajaran dan Buku Pegangan Guru.
Setiap guru yang bertuga pada sebuah lembaga pendidikan harus mengethui program yan akan di laksanakan, baik secara keseluruhan (garis-garis besarnya) maupun secara mendetail tentang program yang berkenaan denga bidangnya. Program suat lembaga pendidikan pada umumnya tlah tersusun didalam buku yang di sebut kurikulum/rencana pelajaran yangberisi jenis kegatan yang dapat di lakukan untuk mencapai tjuan sekolah. berdasarkan kurikulum seorang guru juga harus di lengapi dengn buku pegangan di bidangnya. Agar dapat menjalankan tugas-tuganya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar